boku no sekai wa.. subarashii

tahukah kamu?? -versi satu-

Posted on: 29 Agustus 2007

“… bahwa tanaman rosy periwinkle (Catharanthus roseus), yang terdapat di Madagaskar, digunakan untuk menyembuhkan leukemia?”
“… bahwa rakyat Tiongkok telah menggunakan aluminium pada tahun 300, sementara bangsa-bangsa Barat baru menemukannya pada 1827?”
“… bahwa Perang Saudara Amerika menghasilkan lebih dari 400.000 pecandu morfin? Karena itu, kecanduan morfin kemudian disebut sebagai ‘penyakit tentara’.”
“… bahwa usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu?”
“… bahwa Aspirin buatan Bayer adalah obat pertama yang dipasarkan dalam bentuk tablet? Obat ini pertama kali dipasarkan pada 1899 dalam bentuk bubuk, tetapi pada 1900 dipadatkan menjadi tablet yang dapat larut di dalam air.”
“… bahwa lebih dari setengah janji atau resolusi Tahun Baru sudah dilupakan atau ditinggalkan orang sebelum akhir Juni tahun yang sama?”
“… bahwa Januari berasal dari nama dewa Romawi Janus yang bermuka dua? Muka yang satu menghadap ke tahun yang lama dan muka kedua menghadap ke tahun yang baru.”
“… bahwa kebiasaan menggunakan bayi untuk menandai tahun yang baru dimulai di Yunani sekitar tahun 600 SM? Tradisi ini didasarkan pada perayaan untuk dewa anggur, Dionisus, yang dirayakan kelahirannya kembali untuk mengharapkan kesuburan di tahun yang baru.”
“… bahwa sayuran bit mengingatkan para juru masak akan binatang yang berdarah ketika disembelih? Nama bit yang diberikan kepada sayuran ini berasal dari kata bahasa Perancis bête yang berarti binatang liar.”
“… bahwa Presiden Gerald Ford dilahirkan dengan nama Leslie Lynch King, Jr.? Orangtuanya bercerai dan ibunya kemudian menikah lagi dengan Gerald Rudolff Ford, seorang penjaja cat, dan sejak itu ibunya memanggilnya dengan nama Gerald Rudolff Ford, Jr.”
“… bahwa toko-toko minuman keras di AS pernah disebut toko paket yang menjual barang paket karena undang-undang mengharuskan botol-botol minuman disembunyikan dari mata umum dalam kantong kertas?”
“… bahwa pada 1266 para pembuat roti di Inggris diperintahkan menandai setiap rotinya agar bila ada yang jelek, dapat diketahui siapa yang harus dipersalahkan.”
“… bahwa planet Venus diberi nama sesuai dengan dewi cinta Romawi, sementara Mars diberi nama sesuai dengan dewa perang?”
“… bahwa hembusan ikan paus menghasilkan bau yang sangat kuat? Baunya seperti campuran ikan busuk dan minyak basi. Karena itu, para pelaut dulu percaya bahwa hembusan paus dapat menyebabkan kerusakan otak pada manusia!”
“… bahwa Irving Berlin hanya dapat bermain musik dengan satu kunci, yaitu kunci F kruis? Sebagai salah satu pengarang lagu terkemuka Amerika Serikat, Berlin belajar sendiri bermain piano di bar tempat ia bekerja sebagai pelayan.”
“… bahwa di puncak gunung api Mauna Kea yang tidak aktif di pulau Hawaii terdapat observatorium astronomi terbesar di dunia dengan teleskop yang dioperasikan oleh para astronomi dari 11 negara?”
“… bahwa sebelum karet penghapus ditemukan, orang menggunakan potongan-potongan roti untuk menghapus tulisan pensil?”
“… bahwa Presiden Amerika Serikat Thomas Jefferson adalah pakar anggur pertama negara tersebut?”
“… bahwa Amerika Serikat membeli Alaska dari Rusia pada 1867 dengan harga $7.200.000 atau sekitar 2 sen untuk setiap 4.046,86 m²?”
“… bahwa Walt Disney ketika bekerja di Korps Palang Merah AS, pernah mencari uang dengan mengecati topi-topi helm tentara dengan warna-warna kamuflase, memukulinya hingga kelihatan lecet-lecet bekas pertempuran, dan kemudian menjualnya kepada orang-orang Amerika yang mencari cendera mata yang realistik?”
“… bahwa Hernando Cortez, sang conquistador Spanyol memperkenalkan minuman cokelat di Spanyol pada 1529 dan sejak itu cokelat menjadi minuman keluarga raja?”
“… bahwa William Henry Harrison adalah presiden AS pertama yang meninggal dalam jabatannya? Dengan masa jabatan yang hanya 32 hari, Harrison juga memegang rekor sebagai presiden yang paling singkat berkuasa di AS.”
“… bahwa ensiklopedia pertama muncul di masa Yunani kuno?”
“… bahwa rata-rata orang Amerika menggunakan air sebanyak 39,37 liter untuk mandi, selama 10,4 menit, dengan panas rata-rata 40,56 celsius?”
“… bahwa Simen Agdestein, Grandmaster catur dari Norwegia, pernah mewakili negaranya dalam tim sepakbolanya? Ia sendiri pernah empat kali ikut serta dalam kejuaraan sepakbola Norwegia, yang pertama ketika ia berusia 15 tahun.”
“… bahwa Dewan Pariwisata Singapura menciptakan becak dengan tenaga aki untuk melayani para wisatawan? Becak-becak ini dilengkapi dengan rekaman yang memberikan panduan kepada penumpang dalam bahasa Inggris, Jerman, Hokkian, Jepang, Korea dan Mandarin.
“… bahwa dalam waktu satu jam setelah menggunakan kokain, risiko serangan jantung si pemakai akan meningkat 24 kali lipat?”
“… bahwa para pejabat perusahaan finansial Amerika Serikat lebih menyukai Lexus sebagai mobil mewah mereka, lebih daripada Mercedes-Benz atau BMW?
“… bahwa Whitcomb L. Judson adalah penemu ritsleting yang kemudian disempurnakan oleh Gideon Sundback, seorang insinyur kelahiran Swedia, pada 1913?”
“… bahwa ibunda Presiden Harry S. Truman adalah seorang simpatisan Konfederasi, yaitu pihak selatan dalam Perang Saudara Amerika? Karena itu ketika ia menginap di Gedung Putih, ia menolak tidur di tempat tidur Lincoln.”
“… bahwa Yoshida Kogyo Kabushikigaisya adalah perusahaan ritsleting terbesar di dunia? Perusahaan ini berdiri pada 1934 dan pada 1964 namanya diubah menjadi YKK Co. Kini YKK mempunyai 80 perusahaan di 206 lokasi di 52 negara.”
“… bahwa di negara bagian Amerika Serikat, Oklahoma terdapat daerah yang bernama Happyland, sementara di Oregon terdapat kota dengan nama Boring?”
“… bahwa rujukan pertama kepada catur dalam bahasa Arab muncul dalam puisi-puisi cinta oleh Kutaiyira Azzata dan al-Farazdaq pada 720?”
“… bahwa sebuah bola lampu 75 watt memberikan lebih banyak cahaya daripada tiga bola lampu dengan kekuatan 25 watt?”
“… bahwa Albert Finney menolak tawaran untuk memerankan Lawrence dalam film epos David Lean, Lawrence of Arabia, karena kontraknya akan mengikat dia selama lima tahun? Akibatnya, peran itu jatuh ke tangan Peter O’Toole yang tak pernah berperan dalam film besar sebelumnya. Penampilan O’Toole membuatnya terkenal di dunia internasional.”
“… bahwa terung mulai dibudidayakan di Asia Tenggara lebih dari 4.000 tahun yang lalu? Kerabat terung yang terdekat adalah kentang, tomat, dan petunia. Pada Abad Pertengahan sebagian orang Eropa percaya bahwa terung bermanfaat sebagai obat perangsang!”
“… bahwa kaktus mempunyai sistem anti dehidrasi yang luar biasa, sehingga sebagian spesiesnya melepaskan hanya 1/600 uap air daripada tanaman biasa yang seukuran? Spesies yang lainnya sanggup menghirup air dari kelembapan di udara!”
“… bahwa kota Levan di Utah diberi nama demikian karena kota itu terletak di tengah-tengah negara bagian Utah di AS. Nama Levan berasal dari kata “navel” (pusar) yang dieja terbalik.”
“… bahwa lebih dari 14 juta bolpen BIC dijual setiap harinya di 150 negara? Nama “BIC” sendiri diambil dari nama penciptanya, Marcel Bich. Ia menghapus huruf terakhir dari namanya, karena ucapannya mirip dengan bitch dalam bahasa Inggris, yang berarti anjing betina / pelacur.”
“… bahwa koloni burung terbesar di dunia terdapat di pulau-pulau di lepas pantai Peru. Sepuluh juta burung booby dan kormoran tinggal di sana. Makanan mereka, ikan teri, menghasilkan pupuk terbaik di dunia, guano. Karena nilai kotorannya yang sangat berharga, burung-burung ini mendapat perlindungan khusus dari bangsa Inca.
“… bahwa semenanjung Malaya disebut oleh Ptolemeus, ahli geografi dan astronom Helenis-Mesir dalam peta yang disusunnya sebagai Aurea Chersonesus sementara Selat Malaka disebutnya Sinus Sabaricus?”
“… bahwa ikan mas koki akan memudar warnanya bila diletakkan dalam tempat yang suram cahayanya, atau bila ditempatkan di air yang mengalir? Ikan ini akan tetap berwarna keemasan bila diletakkan di sebuah akuarium dengan cahaya yang cukup.”

6 Tanggapan to "tahukah kamu?? -versi satu-"

Puguh…puguh…foto….foto….Masih saja seperti Pugi yang biasanya….penyebar semangate Mbah Wiki…He…he..he..

hehehehe

arigatou… semangat keingintahuan dan pengetahuan kecil seperti inilah yang terkadang membuat kita tampak lebih tahu.. padahal.. info seperti ini keciiillll banget kalau dibandingkan dengan ledakan nuklir di Hiroshima itu^^

Bagi siapa saja yang ingin tahu bagaimana caranya membuat artikel diatas dan ingin meniru membuatnya harap beritahu saya. *ember mode ON*

Bersiap-siaplah…. akan ada “peniru2” yang bertebaran hehe ^^

terserah kowe lah… santai aja aku. wong iki info gratis buat semua yang pingin membaca kok hehehehe…

infone mbayar mas (bagi yg mbacanya di warnet LOL)

resolusi taon 2008ku semoga bukan menjadi salah satu dari setengah resolusi yang terlupakan pada bulan juni di tahun yang sama. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

tuiter saya

My Flickr Photos

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: