boku no sekai wa.. subarashii

Transplantasi Sumsum Penyembuh AIDS? -waw-

Posted on: 13 November 2008

BERLIN – Seorang warga Amerika yang terdeteksi menderita AIDS ternyata telah dinyatakan sembuh setelah dirinya melakukan operasi transplantasi tulang sumsum.

Awalnya, ia mengadakan operasi ini sebagai bagian dari proses penyembuhan penyakit Leukemia yang dideritanya. Namun, 20 bulan setelah ia melakukan operasi tersebut, tidak hanya penyakit Leukemia yang berhasil disembuhkan, tapi juga penyakit AIDS yang dideritanya beberapa tahun belakangan ini.

Sayangnya, para peneliti dan dokter yang merawatnya menganggap kejadian ini hanya kebetulan yang menguntungkan. Namun kejadian ini bisa menjadi langkah awal untuk memulai kembali penelitian untuk menemukan obat AIDS, yang tiap tahun menghinggapi sekira 2 juta orang. Saat ini, penyakit berbahaya ini telah diidap oleh sekira 33 juta orang di dunia.

“Pasien saya tersebut telah divonis mengidap AIDS. Namun selang beberapa lama setelah ia melakukan transplantasi tulang sumsum, kami melihat tidak ada lagi virus AIDS di dalam tubuhnya. Bahkan kami telah menunggu beberapa bulan lamanya untuk melihat perubahan lain yang terjadi,” ujar Dr Gero Huetter bercerita mengenai pasiennya yang tidak bisa ia sebutkan namanya, seperti dikutip melalui Associated Press, Kamis (13/11/2008).

Sayangnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan proses ini bekerja dengan baik.

“Proses penyembuhan yang tidak jelas akan berakibat pada masa depan pasien yang juga akan ikut tidak jelas. Pasalnya, kita tidak tahu kemana larinya virus tersebut. Bisa jadi virus AIDS tersebut masih berada di tubuhnya,” ujar direktur riset HIV dan Imunologi Dr Andrew Badley. (okezone)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

tuiter saya

My Flickr Photos

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: