boku no sekai wa.. subarashii

jangan sombong dulu..

Posted on: 29 Mei 2010

tuh, baca Judulnya..🙂

dari judulnya saja sudah jelas, KITA TIDAK BOLEH SOMBONG SEPESERPUN. Kita tidak berhak menyombongkan apapun di muka bumi ini, selama kita hidup. trus, apa sih yang sebenarnya bisa kita sombongkan, wahai kawanku? tidak ada bukan? mau menyombongkan nilai? PASTI ada yang lebih tinggi. Mau menyombongkan ilmu? PASTI ada yang lebih mengetahui. Mau menyombongkan fisik? JANGAN SALAH, kita ini sebenarnya tidak kuasa atas tubuh kita sendiri!

TUBUH MANUSIA

tubuh manusia

tubuh manusia

Ini nih, yang namanya tubuh manusia. Terlihat bukan, kalau tubuh manusia itu tersusun dari banyak sekali otot? Setiap daerah di otot mempunyai mekanisme kerja aksi-reaksi, dimana jika ada otot yang berkontraksi, maka ada bagian otot yang berelaksasi, saling menyeimbangkan. Tidak ada yang sia-sia dalam tubuh kita.

Tubuh selalu berusaha mengadakan keseimbangan yang ada di dalamnya. Mekanisme itu dinamakan homeostasis (opoooo kuwi). Hal ini diartikan sebagai keseimbangan antara cairan ekstraseluler dan cairan intraseluler.

Jadi, jika keseimbangan ini terganggu, maka yang kita dapatkan adalah perasaan “tidak nyaman” alias sakit (dosen kuliah saya yang bilang nih huehue). Pada saat sakit seperti ini, tubuh sedang berupaya keras mengembalikan keadaan ke kesetimbangan.

Kembali ke otot tadi, satu bagian otot (sebut saja otot yang ada di bagian lengan) terdiri dari berjuta-juta sel otot yang saling berdekatan satu sama lain. Komunikasi rumit yang dilakukan antar sel membuat kita dapat leluasa menggerakkan otot kita, membuat kita lupa bahwa sekali lagi kita tidak kuasa atas badan kita sendiri..

Tidak percaya?

Mari kita simak ke tingkat yang lebih kecil daripada  otot !!

sebuah sel

sebuah sel

Ini nih gambar sebuah sel. Manusia sendiri tersusun atas bertriliun sel dengan macam dan fungsi yang berbeda. Ada sel otot, sel pada saluran pencernaan, sel pada kulit, sel pada mata, dan sebagainya. Mereka bekerja satu sama lain untuk membuat tubuh kita hidup.

Segala fungsi suatu sel diatur oleh cetak biru di dalam inti sel yang dinamakan DNA (deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat). DNA mengandung puluhan sampai ratusan ribu informasi yang dapat digunakan oleh sel untuk melakukan fungsi selulernya. Informasi dalam DNA ini diubah menjadi protein yang mempunyai fungsi yang beragam dalam sebuah sel.

Patut diperhatikan, seluruh sel dalam tubuh manusia mempunyai cetak biru yang sama!! SERATUS PERSEN sama antara sel di mata, di pencernaan, di kulit, di otak, di jantung, dimana-mana..!! hebat kan? subhanallaah, yang lebih hebat lagi, mereka mampun menjadi sel-sel dengan banyak ragam hanya dari satu cetak biru yang sama persis..!!

Menariknya, tiap sel ini merupakan unit fungsional tunggal lho. Apa maksudnya? Maksudnya, tiap sel dalam tubuh manusia punya hal yang harus diurus sendiri, ya soal makan, ya soal berkomunikasi, dan lain hal sebagainya. Bayangkan.. bila ada sel yang mbalelo dan memutuskan untuk ngambek!!!

mulai kelihatan ‘kan kalau kita tidak punya kuasa atas tubuh kita sendiri?

Mari kita melangkah ke yang lebih kecil dan sentral dari kehidupan..🙂

DNA

DNA

Ini adalah gambar dimana DNA berada dan berbentuk apa DNA itu. DNA adalah cetak biru yang selalu diturunkan dari makhluk hidup satu ke keturunannya. DNA berbentuk spiral ganda, atau yang lebih keren disebut dengan double helix. DNA sendiri terdiri dari empat (ya, cuma empat) macam molekul nukleotida yang menyusunnya: adenin (A), Guanin (G), Timin (T) dan sitosin (C).

Tuuh.. monggo silakan dibayangkan, bahwa tubuh kita yang super rumit ini dikendalikan hanya dengan empat molekul saja..🙂

DNA tersimpan  dalam bentuk kompak dan mampat yang bernama kromosom di dalam inti sel. Ketika sebuah sel sedang membutuhkan suatu protein untuk mengerjakan suatu proses, maka sel akan mengkopi DNA untuk dijadikan protein yang mempunyai fungsi yang diinginkan. Uniknya, tidak semua bagian dalam cetak bitu ini dapat diakses oleh suatu sel, lho. Sel dengan kemampuan tertentu (sel otot misalnya) hanya mampu mengakses daerah-daerah tertentu yang ada hubungannya dengan fungsi sel sebagai sel otot.

Dari situ bisa dibayangkan bukan, jika beberapa sel membelot dan dapat mengakses informasi yang seharusnya tidak dapat diakses?🙂

DNA to protein

DNA to Protein

Yang lebih mengagumkan lagi, cetak biru ini dapat mengalami kerusakan, lho (yang tentu saja sudah diantisipasi dengan mekanisme perbaikan oleh sel). Jika yang mengalami kerusakan permanen adalah informasi yang penting untuk suatu sel, maka dapat berakibat pada perkembangan dan survival dari sel tersebut. Sel-sel yang hang seperti ini sudah jelas dapat mengganggu sel lainnya, mengganggu keseimbangan dalam jaringan, mengganggu keseimbangan dalam organ dan akhirnya mengganggu tubuh kita.

Dalam situasi normal, apakah yang bisa kita lakukan sebagai manusia utuh jika menghadapi “pemberontakan” dari sel-sel yang error ini?

Kita bisa istirahat

Kita bisa meminum obat

Kita bisa mengubah gaya hidup

Tetapi jika sudah permanen, tidak ada yang bisa kita lakukan, meskipun ilmu pengetahuan saat ini sudah mencapai hal-hal yang dianggap nyaris mustahil seperti mengubah virus yang berbahaya menjadi tidak berbahaya, menciptakan obat yang dapat mengganggu kerja sel di level molekul, dan lain-lain.

Misalnya nih, susunan nukleotida

…CGTACCCGGCTTAAGCTGATCGATCGCGCCAT.. berubah menjadi

…CGTACCCTGATTAAGCTGATCGATCGCGCCAT..

perubahan dua nukleotida pada posisi yang penting dalam suatu DNA yang akan dikopi akan mengakibatkan perubahan fungsi protein yang signifikan pada sel. Sehingga dapat dipastikan sel mengalami gangguan dan dapat berujung pada kematian sel..

Bayangkan sekali lagi, apa yang dapat kita lakukan ketika ada perubahan kecil tersebut?

tidak adaa..🙂

Oleh karena itu, selalu rendah hatilah kepada semuanya, termasuk pada semut, lalat, tanaman, batu, alam, semuanya. karena kita ini sebenarnya tidak punya kuasa atas tubuh kita..🙂

3 Tanggapan to "jangan sombong dulu.."

Sombong itu bawaan dari lahir hahaha… mungkin bisa dikatakan gitu mungkin looh
Tapi kadang kalau dengan teman dekat sepertinya sombong itu bisa di katakan penyemangat lho.. hehehe.. (tapi tergantung juga kata bang napi, tergantung niat) bagaimana? setuju sodara sodara hahaha

memang benar🙂
di situlah letak banyak kesalahan kita, berlaku sombong🙂

nah bener tuh mas, tergantung niatnya, mau menyemangati apa mau menyombongkan diri🙂

makasih inpo nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

tuiter saya

My Flickr Photos

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: