boku no sekai wa.. subarashii

Festival Layang-layang Nasional 2010

Posted on: 22 September 2010


si naga

salah satu layang-layang pamungkas yang diterbangkan kemarin Minggu (19/9/2010)

Wajahku gosong

(terbakar matahari pantai)

Rambutku seperti ijuk

(diterpa angin pantai yang bercampur pasir dan garam)

Selamat datang di Pantai Parangkusumo!

Pantai Parangkusumo yang masih satu blok dengan Pantai Parangtritis dan Parangndog kali ini menggelar event seni berupa Festival Layang-layang Nasional 2010. Aku berada di pantai ini dalam rangka mengasah kemampuan fotografi bersama dengan teman-teman klub pecinta fotografi Farmasi UGM, Occuphub. Sekaligus merupakan hunting bersama edisi perdana!😀

Sejak pagi hari cuaca di daerah Fakultas Farmasi UGM memang tidak bersahabat, langit tidak menampakkan warna biru muda khas khatulistiwanya, alih-alih penuh dengan awan yang memuat air alias mendung. Cuaca seperti ini memang membuat frustasi, but the show must go on, kita ber-delapan tetap berangkat ke pantai sembari berharap di pantai tidak hujan.

a view of some kites

a view of some kites

Belum sampai pantai, kita sudah berteriak kegirangan! ternyata cuaca bersahabat dan layang-layang yang diterbangkan banyaak!! (menurut ukuran kami lho). Setelah mempersiapkan kamera kita pun berangkat menuju pantai. Memang langit tidak menampakkan warna birunya (sisa-sisa mendung) dan matahari tepat berada di atas kepala, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat kita untuk berlatih dan menikmati keindahan layang-layang🙂

bentuk yang aneeeh, tapi lupakan, ini layang-layang kok!^^

bentuk yang aneeeh, tapi lupakan, ini layang-layang kok!^^

the long tail

the long tail

Festival ini diadakan dalam dua hari, yaitu Sabtu-Minggu, 18-19 September 2010, dan direncanakan akan terus diadakan disini setiap tahun sebagai ikon dari pantai Parangkusumo. Ada beberapa kategori layang-layang yang dilombakan, yaitu (setahuku):

1. Dua dimensi

2. Tiga dimensi

3. Layang-layang naga dengan ekor yang panjang (duh apa namanya ya??)

Namun yang paling ditunggu para penonton adalah kategori layang-layang naga ini, karena pembuatannya yang lama, dananya yang tidak sedikit dan handling-yang luar biasa sulit ketika sudah mengudara. Ditargetkan ada sekitar 20 layang-layang naga yang diterbangkan, namun di awal-awal penerbangan sudah ada 3 yang gagal (satu putus diatas, satu putus ketika diterbangkan dan satunya mengundurkan diri). Tidak heran, karena angin yang bertiup hari Minggu memang kencang, sehingga peserta yang kurang matang persiapannya kudu mikir-mikir😀

lucuuuu bentuknya :)

lucuuuu bentuknya🙂

Tidak hanya peserta lomba, sepertinya dari klub pecinta layang-layang ada yang tidak ikutan dan memilih ‘memajang’ layang-layang mereka di sebelah timur acara. Seperti gambar diatas, layang-layangnya hadir dalam bentuk yang cute^^, dan tahu tidak? mereka menambatkan talinya di mobil jip!! (berarti layang-layang ini sangat susah di-handle manusia, haha)

Disini juga tempat berkumpulnya para fotografer amatir sampai profesional, banyak sekali teman-teman fotografer yang mengasah kemampuan fotografinya disini. Perhatian, be protective dengan kameramu, mau kamera saku, rangefinder, medium format, ataupun SLR. Angin pantai yang kencang membawa garam yang sangat berbahaya untuk kamera kita (sudah pernah mengalami hal buruk dengan air laut T_________T).

Sebuah kunjungan yang sangat berharga, buatku dan buat para member Occuphub yang baru seumur jagung. Tidak sabar menunggu hunting rame-rame selanjutnya!!🙂

glowing squid

glowing squid

8 Tanggapan to "Festival Layang-layang Nasional 2010"

sudah bagus dan runtut kok ceritanya mas, haha.
tapi tu fotonya ga nongol e sampe loading rampung, apa internetku yang error ya? –a

hehehehe
syukurlah kalau ngga melenceng2 lagi tulisannya🙂

masa’ fotonya ngga nongol? nongol semua kok, beres😀

coba lewat chrome🙂

nah udah keliatan, haha, berarti tadi mungkin loadingnya belum rampung seutuhnya :p

iya kadang ngadat begitu😀

tur ya gambarnya copas dari album FB semua kok hehe😀

layang”nya bagus” yaa

iya bagus baguus🙂

semoga tahun depan yang 3D lebih banyaak🙂

Taun depan gawe layang2 3D bentuk Ken Arockwell wae…hehe

huahahahha, ayo cah 2 nggawe mas, bentuke AF-S 600mm :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

tuiter saya

My Flickr Photos

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: