boku no sekai wa.. subarashii

Tata Surya (the solar system) -a little bit of-

Posted on: 26 September 2010

Sudah sampai manakah anda travelling?

Keliling kampung? hahaha

Keliling kota?

Keliling Provinsi? tidak banyak yang melakukannya

Keliling Negeri? apalagi

Keliling Dunia? do we have time?, some of them have

Mungkin bagi sebagian orang, dunia ini sempit (lha wong ketemu orang yang dikenal teruuus). Tapi disini akan saya tunjukkan, betapa kecilnya dunia kita, lewat Tata Surya🙂

our solar system

our solar system

lho? Dimana bumi kita yang luas dan indah itu?

Sebentar, perhatikan, bumi kita hanya kelihatan sedikiiiiit. Sebagian besar porsinya diambil oleh Matahari, Jupiter dan Saturnus. jadi nggak ada apa apanya ya Bumi kita? kecil dan rentan..

******

Apa itu Planet? Menurut kriteria yang diterbitkan tahun 2006, planet adalah benda langit yang mengorbit matahari, bukan sebagai satelit, berada dalam keadaan bulat karena gaya gravitasinya sendiri dan cukup besar untuk mengenyahkan objek lain dari orbitnya.

Sejak beberapa tahun yang lalu, Pluto “resmi” dikeluarkan dari kelas ‘planet’ dan masuk ke dalam kelas ‘planet kerdil’ (karena gagal memenuhi syarat terakhir) . Pluto ‘tinggal kelas’ bersama tiga planet kerdil lain yang baru ditemukan (Haumea, Makemake dan Eris). Untuk menghormati Pluto, Planet yang ditemukan mengorbit setelah Neptunus digolongkan sebagai plutoid🙂

Tuh tuh, dari gambar diatas, mana coba planet kita Bumi? keciiiiil banget ya rasanya? hehe. Jangan dilupakan bahwa 98,8 % massa tata surya ada di MATAHARI! believe it or not. Lebih dari 1.000.000 bumi dapat masuk disana lho. Karena matahari sangat masif, maka (andaikan) seseorang dengan berat badan 45 Kg di bumi mampu berdiri di permukaan matahari, beratnya akan mencapai 1.270 Kg!

hehehe

luas dan mengagumkan bukan Tata Surya kita?

kita jalan-jalan sedikit yuuk ke fakta-fakta terbaru (yang mungkin belum kita ketahui) yang berhasil diperoleh ilmuwan🙂

1. Planet terdekat dengan matahari, Merkurius, diduga (dengan sangat) mengandung inti besi dengan diameter mencapai tiga-perempat dari diameter total planet (buseet), ini adalah inti dengan fraksi terbesar di seluruh planet di tata surya kita lho.

2.  Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya yang memiliki aktivitas lempeng tektonik aktif. Hal ini membuat Bumi selalu dalam keadaan dinamis dengan selalu bergesernya benua-benua, aktivitas vulkanik dan pembentukan pegunungan.

3. Mars mengandung air! tidak secara harfiah sih, air disini dalam bentuk es yang ditemukan di dua tempat, yaitu daerah diatas lintang 50°  dan dibawah permukaan tanah sebagai permafrost.

4.  13 juta kilometer adalah jarak dari Saturnus menuju cincinnya yang terluar. hey, itu jauh sekali! cincin selebar itu (lebaaaaaaaaaaaaaaar sekali) ternyata hanya setebal rata-rata 30 meter saja.. Sungguh luar biasa sekali..!!

5. Tahun 2006, NASA meluncurkan satelit bernama New Horizons dengan tujuan : PLUTO. Wahana antariksa ini diharapkan melewati orbit Uranus pada Maret 2011 (sebentar lagi) dan akan menemui tujuannya, Pluto dan bulan-bulannya pada 2015. Lalu selanjutnya akan masuk ke daerah Sabuk Kuiper yang diduga merupakan jejak awal dari penciptaan tata surya kita🙂

Well, itu yang bisa saya bagikan ke teman-teman pembaca sekalian. Sadarilah bahwa kita ini kecil sekali dibandingkan alam raya yang luasnya tidak terbayangkan.. (mau mbayangkan? coba deh kaliin 9.460.730.472.580,8 km dengan 13.000.000.000, itu adalah jarak cahaya tertua yang pernah ditemukan manusia @_____________@)

4 Tanggapan to "Tata Surya (the solar system) -a little bit of-"

kereeeeennnnnnnnn gan, kunjungan balik ditunggu

iya tata surya dan alam semesta ini kereeen sekali🙂

*sedang mengadakan kunjungan hehe*

Yang anda yakini itu sebenarnya imajinasi penggagas solar system. Tak seorang pun pernah mengambil (merekam) matahari dan 9 planet nya itu secara real time.

Kalo ada tolong tunjukan saya rekamanya, tanggal berapa, diambil dari mana, pada ketinggian berapa. Adakah orang atau pesawat yang dapat menjauh dari orbit planet planet imajinery itu lalu merekamnya?

yap, model tata surya yang ada sekarang ini adalah imajinasi penggagas namun ditunjang oleh data yang dikumpulkan oleh para astronom selama ini.

Sejauh ini semua planet dari merkurius sampai pluto telah dapat diambil gambarnya dari dekat dengan bantuan satelit. Jarak dan model lintasan juga telah dihitung dengan seksama oleh para astronom dan fisikawan sehingga mereka dapat membuat model tata surya dengan lebih akurat🙂

well untuk Pluto yang merupakan planet terjauh yang pernah difoto manusia dengan bantuan alat (satelit), mas bisa baca disini dan beritanya sebenarnya juga banyak yang sudah disadur dalam bahasa Indonesia kok:

http://www.nature.com/ngeo/journal/v9/n6/full/ngeo2729.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

tuiter saya

My Flickr Photos

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: