boku no sekai wa.. subarashii

Demam ~mengapa suhu tubuh naik saat kita jatuh sakit?~

Posted on: 3 Desember 2010

demam.. brrr...

demam.. brrr...

Brrrr…

2010 memang musimnya hujan. Kalau kita tidak pintar-pintar mengelola kesehatan, maka penyakit-penyakit seperti deman bisa dengan mudah menyerang kita.

 

Salah satu ciri khas demam adalah suhu badan yang meningkat. Mungkin buat beberapa orang, menghangatnya suhu badan menyisakan pertanyaan, kok ndadak anget sih badanku? kenapa harus menghangat?

 

Kita bahas secara sederhana yuk!🙂

 

Demam merupakan respon tubuh terhadap infeksi, terutama terhadap infeksi bakteri. Demam merupakan satu dari beberapa mekanisme yang tubuh lakukan untuk menyingkirkan hal-hal yang menyebabkan penyakit (disebut dengan patogen), dan material yang menyebabkan demam dinamakan pyrogen (pyro : api, panas). Pyrogen ini dapat berasal dari dalam tubuh dan luar tubuh.

 

Lalu kenapa dong kita ndadak harus demam?

 

Ternyata, naiknya suhu tubuh saat demam akan menyebabkan naiknya produksi hormon adrenalin. Hormon ini akan meningkatkan detak jantung, kecepatan metabolisme tubuh dan tonus dari otot. Si adrenalin ini juga mampu menstimulasi pembentukan energi dari gula yang disimpan di dalam tubuh (glikolisis).

 

Energi yang dihasilkan oleh proses glikolisis digunakan untuk membuat senyawa-senyawa yang penting untuk membasmi “kejahatan” dalam jumlah besar dan dalam waktu yang lebih singkat.

 

Naiknya suhu tubuh juga membuat kerja sistem imun (kekebalan) dalam tubuh menjadi lebih efisien lho. Kerja enzim juga ikutan meningkat. Kemampuan bakteri jahat dalam tubuh untuk berkembang biak tersendat, bahkan dapat berhenti^^

ilustrasi -joke :p-

ilustrasi -joke :p-

 

Jadi, ketika kita mendapati suhu tubuh mulai meningkat sehabis hujan-hujanan (sebagai contoh aja lho :p), yakinlah bahwa tubuh sedang melakukan pengecekan terhadap para penyusup yang masuk ke tubuh kita🙂. Gunakan waktu untuk beristirahat serta mengonsumsi makanan dan minuman yang membuat kita kembali sehat seperti sedia kala🙂

 

salam jepret! sehat!!

sumber

 

2 Tanggapan to "Demam ~mengapa suhu tubuh naik saat kita jatuh sakit?~"

maaf sya kurang jelas, brati naiknya suhu tubuh berasal dari pyrogen? lalu dari mana pyrogen itu berasal?
trimakasih

setahu saya pirogen itu suatu substansi yang dapat menyebabkan kenaikan suhu badan, bisa berasal dari dalam maupun luar tubuh🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

tuiter saya

My Flickr Photos

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: