boku no sekai wa.. subarashii

Fotografi: apa sih P, S, A dan M??

Posted on: 4 Maret 2011

Halo semua!🙂

Saya mengenal DSLR sejak Agustus 2007. Selama kurang lebih dua tahun (sampai 2009). Dan selama dua tahun itu saya hanya menggunakan mode otomatis dan turunannya di segala kegiatan!😀

 

Selama itu saya tidak berani merambah ke mode (yang menurut saya) profesional, PSAM, karena takut jepretannya jadi jelek :p . Tapi setelah 2 tahun memotret macam-macam (ini nubi asli :D), akhirnya saya sadar, saya harus mandiri dalam menentukan parameter-parameter yang ada didalam kamera agar gambar yang dihasilkan semirip mungkin (kan ngga mungkin persis) dengan apa yang saya lihat🙂

 

Hmmmm, seringkah kita memotret dengan mode auto dengan hasil yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan? itu karena kita memasrahkan semuanya pada mesin, maunya instan langsung jadi., ngga pake capek. Kalau gitu silakan beli kamera saku saja (no offense ya)😀

mode dial pada DSLR entry level (Nikon dalam hal ini) -comot dari dpreview-

mode dial pada DSLR entry level (Nikon dalam hal ini) -comot dari dpreview-

Sebenarnya apa sih kelebihan mode PSAM dibandingkan yang auto (termasuk scene mode itu juga auto ya)? Kan kalau auto lebih enak tinggal jepret?

 

Dalam mode PSAM, kita dapat mengatur dengan bebas parameter-parameter yang tidak bisa kontrol sewaktu memakai mode auto, seperti ISO, exposure compensation, white balance, shutter speed (rana, kecepatan), diafragma (bukaan) dan lain sebagainya. Lalu apa bedanya dong antara mode P, S, A dan M? mari kita lacak sama-sama😀

 

  1. P

Dalam mode P, kamera hanya memegang kontrol atas shutter speed dan aperture (bukaan, diafragma). Sisanya terserah kita yang menentukan. Mode ini paling dianjurkan untuk yang sedang beranjak ke pengaturan manual, sebagai pemahaman awal mengenai parameter-parameter apa saja yang dapat dikontrol🙂

Mode P ini cocok untuk kegiatan sehari-hari dan bersifat dokumentatif^^

  1. S

Dalam mode S, kamera hanya memegang kontrol atas aperture. Kita diberikan kontrol atas shutter speed, nanti setelah shutter speed kita tentukan, kamera akan menentukan aperture yang tepat sehingga gambar yang dihasilkan sesuai🙂

  1. A

Ini kebalikannya mode S, di mode A, kamera hanya memegang kontrol atas shutter speed, dan kita mempunyai kontrol atas diafragma. Mode ini termasuk yang paling sering digunakan selaim P. enaaak aja bisa punya kontrol penuh terhadap diafragma, kita mau bokeh, tinggal atur ke angka yang f/-nya kecil dan voila!, jadi deh!😀

  1. M

Nah ini nih, ultimate mode nya😀

Di mode M, kita punya KONTROL PENUH atas semua parameter yang ada di kamera kita. Shutter speed dan diafragma pun sepenuhnya kita kendalikan. Peran kamera ya Cuma menyediakan “opini” dalam bentuk bar metering, apakah kombinasi shutter speed dan diafragma yang kita atur sudah pas atau belum🙂

Mode M cocok buat yang suka memotret pemandangan, macro, still life, model, dan kegiatan-kegiatan yang tidak membutuhkan pergantian parameter dengan cepat seperti olahraga🙂

 

Itu dia penjelasan singkat sebisanya dariku ya, semoga membantu buat temen-temen yang mungkin masih bingung mau pilih mode yang mana ketika mode otomatis sudah tidak dapat diandalkan🙂

 

Salam jepret!!

 

 

 

8 Tanggapan to "Fotografi: apa sih P, S, A dan M??"

Selamat Malam mas Puguh.. Wah enak sekali membaca pemaparannya, jdi bertambah lagi ilmu nya nih🙂
Mas Puguh, tolong dong Tips en Triknya dlm penggunaan Bulb yang ada di mode M. Bagaimana caranya menentukan bukaan diafragma yang pas plus iso yg tepat.. Terima kasih.

selamat pagi mas Iwan🙂
wah saya bersyukur yang saya tulis jadi berguna, hehehe

hmm, saya termasuk sangat jarang menggunakan mode bulb, mas. setahu saya sih karena mode bulb itu digunakan di kondisi dimana cahaya minim sekali, usahakan diafragma sebesar mungkin dari lensa🙂
terus, kalau ISO, bisa dicoba ISO yang agak tinggi (misal 800) dengan t=30 detik. kalau ternyata noisenya banyak, kurangi saja ke ISO 400 atau 200, dengan konsekuensi nilai t>30 detik (saya tidak hapal berapa mas)🙂

asal jangan terlalu lama saja bulbingnya mas, kasihan sensornya nanti, maklum digital, hehehehe

Salam kenal,mas Puguh.

Saya orang awam dalam dunia fotografi, sedang mencari² kamera dan ketemu ϑeňƍαň tulisan mas ini. Terlalu banyak baca review,akhirnya jαϑí bingung sendiri ϑeňƍαň pilihan yαňƍ banyak. ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮
Jαϑí kalo mas Puguh berkenan memberi saran,kamera saku yαňƍ punya modus P-S-A-M ϑeňƍαň harga <2juta. Keperluan uňτúк dokumentasi dan hobby saja.
Merk ϑίbatasi pada Canon dan Nikon,karena cuma merk itu yαňƍ ada ϑί pasaran daerah saya.
Terima kasih sebelumnya.
Salam..

salam kenal mas atau mbak febri ya? hehehe

saya juga masih termasuk awam kok mbak🙂
sebenarnya saya juga bingungan kalau disuruh milihkan mas/mbak, takutnya sih kecewa dengan pilihan saya hehehe
tetapi kalau anggaran dibawah 2 juta sepertinya ada satu mbak, Canon Powershot SX 130 IS itu sepertinya ada di bawah 2 juta🙂

monggo dicari2 dulu informasinya mbak🙂

Mas..tulisan-nya bermanfaat sekali..simple dan mudah dipahami…
untuk kamera canon beda ya mas..ada mode Tv Av dan P…kadang2 saya lupa dan bingung…pada saat shot…pake mode apa yg sesuai…ujung2nya hasilnya gelap atau malah cahayanya over…
apa ya tipsnya mas???

malem mas edwin^^

setahu saya Tv itu sama dengan mode S di Nikon
sedangkan Av itu sama dengan mode A di Nikon

menurut saya sih paling enak untuk keseharian itu P dan Av (di Canon), nanti kalau terlalu terang/gelap, tinggal mengubah nilai eksposur (exposure value) nya saja mas🙂

semoga membantu🙂

ni baru mantep ni… thx om pembabaran nya, lebih sering pakai yg A sih hehe

saya NIKON D3200 tapi yg merah hahaha😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

tuiter saya

My Flickr Photos

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: